Wednesday, March 2, 2016

Mengenal Berbagai Jenis Roh Pada Diri Manusia

kuangmalam

roh manusia

Jenis Roh Dan Fungsinya

Menurut ilmu batin, pada diri manusia terdapat Sembilan jenis Roh. Dan masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri:

1.       Roh Idofi ( Roh Ilopi )
Adalah roh yang sangat utama bagi manusia. Roh Idofi juga disebut “Johar Awal Suci”. Karena inilah maka manusia dapat hidup. Bila roh tersebut keluar dari raga, maka manusia akan mati. Roh ini sering disebut ‘nyawa’.

Roh idofi merupakan sumber dari roh-roh lainnya. Kalo saja roh ini idofi ini keluar dari raga manusia, pastilah roh-roh lainnya akan ikut serta. Tetapi seballiknya kalau salah satu roh yang lainnya keluar, maka  roh idofiakan tetap tinggal dan manusia itu akan tetap hidup.

Bagi mereka yang sudah sampai pada tahap iradat Tuhan atau kebatinan tinggi, tentu akan bisa menjumpai roh ini dengan penglihatannya. Dan wujud dari roh ini akan mirip dengan diri sendiri baik rupa suara maupun segala sesuatunya dan bukan lagi merupakan  misteri bagi mereka.

Meskipun roh-roh yang lainnya juga demikian, tetapi kita dapat membedakan dengan roh yang satu ini.
Alamnya Roh Idofi berupa cahaya (nur) terang benderang dan rasanya sejuk tentram (bukan dingin). Tentu saja kita bisa menjumpai roh ini jika sudah sampai pada tahap “Insan Kamil”.

2.       Roh Rabbani
Roh yang dikuasai dan di perintah oleh roh idofi. Alamnya roh ini ada di dalam cahaya (nur) kuning diam tak bergerak.
Bila kita berhasil menjumpainya maka kita tak mempunyai kehendak apa-apa. Hati pun terasa tentram. Tubuh tak merasakan apa-apa.

3.       Roh Rohani
Roh ini pun juga dikuasai dan di perintah oleh roh idofi. Karena adanya roh rohani ini, maka manusia mempunyai kehendak dua rupa. Kadang-kadang suka sesuatu, tetapi di lain waktu ia tak menyukainya. Roh ini mempunyai pengaruh perbuatan baik dan perbuatan buruk.
Roh rohani inilah yang menempati pada 4 jenis nafsu, yaitu:
-          Nafsu Luwamah (Aluamah)
-          Nafsu Amarah
-          Nafsu Supiyah
-          Nafsu Mulamah (Mutmainah)

Kalau manusia ditinggal oleh roh rohani ini, maka  manusia itu tidak mempunyai nafsu lagi, sebab semua nafsu manusia itu Roh ini yang mengendalikannya. Maka, jika manusia sudahbisa mengendalikan Roh Rohani ini dengan baik, ia akan hidup dalam kemuliaan.
Roh Rohani ini sifatnya selalu mengikuti penglihatan yang melihat. Dimana pandangan kita ditempatka, disitu roh rohani berada. Sebelum kita dapat menjumpainya, terlebih dahulu kita akan melihat bermacam-macam cahaya (nur) bagai kunang-kunang. Setelah cahaya-cahaya ini menghilang, barulah muncul roh rohani itu.

4.       Roh Nurani
Roh ini dibawah pengaruh roh idofi. Roh Nurani mempunyai pembawa sifat terang. Karena adanya roh ini menjadikan manusia yang bersangkutan menjadi terang hatinya. Kalau roh nurani ini meninggalkan tubuh maka orang tersebut hatinya menjadi gelap dan gelap pikirannya.
Roh nurani hanya menguasai nafsu Mutmainah saja.  Maka bila manusai di tunggui oleh roh nurani maka nafsu mutmainah nya akan menonjol, mengalahkan nafsu-nafsu yang lainnya.
Hati orang itu jadi tentram, prilakunya punbaik dan terpuji. Air mukanya bercahaya, tidak banyak bicara, tidak ragu-ragu menghadapi sesuatu, tidak protes bila terstimpa kesusahan. Suka, sedih, bahagia, dan menderita dipandang sama.

5.       Roh Kudus ( Roh Suci )
Roh yang  berada di bawah kekuasaan roh idofi juga. Roh ini mempengaruhi orang yang bersangkutan mau member pertolongan kepada sesame manusia, mempengaruhi  berbuat kebajikan dan mempengaruhi berbuat ibadah sesuai dengan kepercayaan yang di anutnya.

6.       Roh Rahmani
Roh ini di bawah kekuasaan roh  idofi juga. Roh ini juga disebut Roh Pemurah. Karena diambil dari kata  “Rahman” yang artinya pemurah. Roh ini mempengaruhi manusia bersifat social, suka member.

7.       Roh Jasmani
Roh yang juga dibawah kekuasaan roh idofi. Roh ini menguasai seluruh darah dan urat syaraf manusia. Karena adanya roh  ini manusia dapat merasakan sakit, lesu, lelah, segar, dan lain sebaginya. Bila roh ini keluar dari tubuh manusia makahilanglah segala rasa tersebut. Kalau kita berhasil menjumpainya, maka wujudnya akan sama dengan kita, hanya saja berwarna merah.
Roh jasmani ini hanya menguasai nafsu amarah dan nafsu hewani. Nafsu hewani ini memiliki sifat dan kegemaran seperti binatang, misalnya : malas, serakah, mau menang sendiri, dan lain sebagainya.

8.       Roh Nabati.
Adalah roh yang mengendalikan perkembangan dan pertumbuhan badan manusia. Roh  ini juga dibawah kekuasaan Roh Idofi.

9.       Roh Rewani
Ialah roh yang menjaga raga kita. Bila roh rewani keluar dari tubuh maka orang yang bersangkutan akan tertidur. Bila masuk ke tubuh lagi, maka akan terjaga. Bila orang tidur bermimpi bertemu dengan arwah seseorang, maka roh rewani dari orang bermimpi itulah yang akan menjumpainya. Jadi mimpi itu hasil kerja roh rewaniyangmengendalikan otak manusia. Roh Rewani ini juga di bawah kekuasaan Roh Idofi. Jadikepergian roh rewani dan kehadirannya kembali di atur oleh Roh Idofu. Demikian juga roh-roh lainnya dalam tubuh, sangat dekat hubungannya dengan Roh Idofi.

kuangmalam / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016. Template Designed By Templateism | Wp Themes